Belanja Online Lebih Tenang dengan E-Commerce Purchase Guarantee Menggunakan bluCard

25 November 2025

Siap jadi pegangan di setiap belanja online-mu~

Rasanya belanja online udah gak bisa lepas dari kebutuhan sehari-hari, ya, Sobatblu. Prosesnya yang praktis bikin kita cukup duduk santai sambil nunggu barangnya sampai. Tapi kadang ada aja kendalanya, mulai dari barang rusak, produk tidak sesuai hingga barang tidak sampai.

Nah, buat mengantisipasi hal yang mengkhawatirkan terjadi pada Sobatblu, kini hadir E-Commerce Purchase Guarantee (EPG) yang bikin transaksi online kamu jadi lebih tenang. Dengan EPG, kamu bisa mendapatkan penggantian dana jika transaksi online menggunakan bluVirtual Card, bluDebit Card, atau Garuda x bluDebit Card mengalami kendala tertentu.

Apa Itu E-Commerce Purchase Guarantee?

E-Commerce Purchase Guarantee adalah perlindungan ekstra dari blu yang memberikan penggantian dana jika transaksi belanja online dengan, bluVirtual Card, bluDebit Card, atau Garuda x bluDebit Card mengalami kendala.

Manfaatnya apa?

  • Penggantian dana untuk barang tidak sampai

  • Penggantian dana untuk barang tidak lengkap

  • Penggantian dana untuk barang rusak (fisik maupun fungsional)

Berapa limit EPG?

Screenshot 2025-11-25 at 14.38.31.png

Kapan batas waktu klaim EPG?

Screenshot 2025-11-25 at 14.38.39.png

Gimana cara mengajukan klaimnya?

  1. Ajukan keluhan ke pihak e-commerce/merchant terlebih dahulu.

  2. Jika ditolak, simpan bukti penolakan (screenshot, status keluhan, dsb).

  3. Siapkan dokumen klaim (invoice, bukti pembayaran, resi, video unboxing, dll).

  4. Hubungi tim haloblu untuk menjelaskan kendala.

  5. Isi formulir klaim layanan E-Commerce Purchase Guarantee yang diberikan oleh tim haloblu, kirim formulir dan dokumen klaim ke haloblu@bcadigital.co.id

  6. Tunggu proses verifikasi dari tim blu.

*Pastikan Sobatblu mengirimkan dokumen maksimal 10 hari kerja setelah menerima formulir klaim

Dokumen apa aja yang dibutuhkan?

  1. Formulir klaim yang sudah diisi

  2. Invoice pembelian

  3. Bukti pembayaran penuh dengan bluCard

  4. Bukti barang tidak ditanggung asuransi lain

  5. Bukti tertulis bahwa kurir/penjual/e-commerce tidak bisa refund

  6. Video unboxing (jika barang rusak/tidak lengkap)

  7. Pernyataan dari kurir/penjual/platform (jika barang tidak diterima)

  8. Tambah cuplikan layar (khusus untuk klaim atas barang rusak/kondisi tidak lengkap)

Pengecualian

Klaim tidak berlaku jika:

  1. Barang sudah ditanggung asuransi lain

  2. Transaksi tidak sepenuhnya menggunakan bluVirtual Card/ bluDebit Card/Garuda x bluDebit Card

  3. Ada indikasi pemalsuan atau pernyataan tidak benar

  4.  Nasabah tidak melakukan langkah wajib untuk menyelesaikan transaksi

  5. Informasi lengkap terkait barang yang termasuk kategori pengecualian ada di link berikut:

    1. Syarat & Ketentuan

    2. FAQ

Transaksi dengan Mata Uang Asing

Pengembalian dana akan dikreditkan dalam mata uang yang sama dengan transaksi.

Pengecualian barang

Gak semua jenis barang bisa diklaim lewat E-Commerce Purchase Guarantee ya, Sobatblu. Barang-barang tersebut antara lain:

  • Binatang hidup

  • Makanan dan minuman

  • Kendaraan

  • Barang bekas

  • Produk digital

  • Barang untuk keperluan komersial

  • Serta pengecualian lain yang tercantum dalam Syarat & Ketentuan.

Perlu diingat kalau Sobatblu wajib terlebih dahulu menghubungi pihak e-commerce atau merchant untuk menyampaikan keluhan ya. Klaim ke BCA Digital hanya dapat diajukan apabila keluhan tersebut ditolak oleh pihak e-commerce atau merchant.

Saatnya belanja makin senang dan tenang! Dengan E-Commerce Purchase Guarantee dari blu, dapatkan perlindungan ekstra di setiap transaksi. Untuk detail lebih lanjut, cek informasi lebih lengkap terkait E-Commerce Purchase Guarantee di sini:

Download blu
Gimana? Masih ragu & bingung? 🤔

Nih, solusinya