Education

Apa Bedanya Bank Digital dengan Mobile Banking?

06 December 2023

Sobatblu coba perhatikan sekitar deh. Sekarang fasilitas layanan keuangan sudah banyak banget, mulai dari internet banking, mobile banking, bank digital, sampai digital wallet.

Sobatblu coba perhatikan sekitar deh. Sekarang fasilitas layanan keuangan sudah banyak banget, mulai dari internet banking, mobile banking, bank digital, sampai digital wallet.
Apa perbedaan dari semua layanan keuangan digital yang agak mirip-mirip ini? Apakah mereka saudara kandung yang dipisahkan? Atau memang ada alasan untuk membedakan mereka semua?

Sebelum menjabarkan semuanya, ada dua inovasi di dunia perbankan yang orang-orang paling sering ketuker nih. Yaitu bank digital, dan mobile banking. Serupa tapi tak sama. Same, but different. But still same! Hayo, apa perbedaan antara kedua layanan perbankan digital ini?

Perbedaan Bank Digital dengan Mobile Banking

Definisi

Sekarang coba kita pahamin dulu secara definisi dari keduanya. Bank digital adalah bank yang bergerak sepenuhnya secara digital, tanpa memerlukan kantor cabang. Jadi keperluan nasabah bank digital bisa diakomodir sepenuhnya secara online, berbasis aplikasi.

Lain hal dengan mobile banking. Kalau bank digital itu bentuk digital dari bank, mobile banking adalah salah satu jenis layanan dari bank konvensional yang masih punya kantor cabang untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Fitur
Dari segi fitur, bank digital biasanya menawarkan berbagai fitur menarik dan inovatif yang bisa menunjang kebutuhan finansial nasabahnya. Contohnya seperti blu, yang memiliki bluSaving buat tabungan jangka pendek yang juga bisa berguna buat bikin pos keuangan bulanan, bluGether buat nabung bareng temen, sampai bluDeposit buat nabung jangka panjang. Ketiga fitur tersebut adalah fitur tabungan yang memiliki tujuan menabungnya masing-masing.

Dari segi fitur pembayaran, bank digital dan mobile banking kurang lebih sama lengkapnya. Karena mereka sama-sama bisa dipakai buat transfer antar bank dan bayar berbagai tagihan seperti listrik, pulsa, paket data, hingga top up e-money.

Tapi gak cuma sekadar fitur tabungan, bank digital juga biasanya nyediain fitur virtual debit card. Nah ini nih, yang sudah dinanti-nanti sama sobatblu. Sabar ya, (spoiler alert!) dikit lagi virtual debit card bakal hadir buat sobatblu!

Mobile banking yang berangkat dari bank konvensional, akan memberikan nasabahnya kartu debit dalam bentuk fisik. Nah kalau bank digital biasanya menawarkan dua jenis kartu debit, dalam bentuk fisik dan virtual. Nantinya, virtual debit card ini akan sangat mempermudah segala bentuk transaksi digital, dengan limit yang bebas ditentukan, juga keamanan yang lebih terjamin.

Semisal ada yang berupaya ngehack kartu debit sobatblu, virtual debit card bisa diblokir langsung dari aplikasi. Jadi kamu gak perlu lagi grabak-grubuk nelpon call center bank buat ngeblokir kartu debit kamu.

Bagaimana dengan Transaksi Tunai?

Mobile banking tentunya menggunakan kartu fisik untuk melakukan tarik setor tunai di mesin ATM banknya masing-masing. Kalau bank digital gimana dong? Apakah nasabah bank digital akan terjebak di relung digital tanpa pernah melihat uang kertas lagi seumur hidupnya?

Ya nggak dong! Kalau kamu pakai blu, kamu bebas tarik setor tunai di ATM BCA manapun, tanpa perlu pakai kartu. Di Indonesia, nyatanya kamu masih perlu uang cash untuk keperluan tertentu, karena penggerak roda ekonomi negara belum semuanya going digital. Tidak semua warung dekat rumah kamu menyediakan QRIS buat pembayaran, bukan? Apalagi buat bayar parkir di pinggir jalan. Sobatblu belum pernah liat abang-abang jaga parkir bawa-bawa lembaran barcode QRIS kan?

Itulah perbedaan bank digital dan mobile banking. Gimana, sobatblu sudah kebayang belum bedanya? Lain kali jangan ketuker lagi ya!

Download blu
Gimana? Masih ragu & bingung? šŸ¤”

Nih, solusinya