Hari Ini, Lea Jadi Cover Majalah Cosmpolitan! Kok Bisa Ya?

Today has been a wonderful day! Nggak nyangka, aku bisa masuk menjadi cover majalah Cosmpolitan Indonesia, majalah favorit yang selalu aku baca dari dulu. Seneng banget, dan pastinya makin semangat buat berbuat baik dan nyebarin spirit positif ke semua orang di sekitarku.

Tapi tahu nggak sih, kejadian ini sebetulnya berawal dari sebuah ketidaksengajaan, lho. Awalnya hanya dari postingan Instagram aku baru-baru ini. Beberapa tahun belakangan aku memang punya kepedulian tersendiri sama isu-isu sustainability, terutama yang berkaitan sama lingkungan. Bayangin aja, 85% dari sampah tekstil fesyen itu semuanya dibuang ke tempat sampah dan laut! So worrisome!

Karena fakta yang cukup shocking ini, aku akhirnya memutuskan untuk bikin postingan edukasi di Instagram. Soalnya, buat aku sekarang media sosial itu bener-bener jadi wadah yang tepat buat menyuarakan isu-isu yang kita khawatirkan. Harapannya tentu aja, semoga at least followers-ku bisa baca dan mulai mempraktekkan tips-tips aku tentang cara membeli item fesyen secara lebih sustainable.

Misalnya aja nih, menurut aku jaman sekarang less is more. Kayaknya sekarang dengan trending-nya gaya hidup minimalis, kita udah nggak perlu lagi sering-sering ngeborong baju baru, karena bakal semakin nambah limbah di lingkungan. Atau, sebenarnya kita juga bisa beli pakaian pre-loved yang sekarang kualitasnya udah oke-oke banget, atau membeli brand-brand fesyen yang memang lebih ramah-lingkungan, dan juga lebih sering melakukan DIY buat benerin kaos atau celana kita yang sobek. Jadi, nggak harus selalu beli baru, kan?

Nah ternyata, Cosmopolitan Indonesia punya kepedulian yang sama nih sama aku! Mereka ngasih komentar di postingan IG aku, dan ngajak aku buat main ke kantor Cosmo buat ngobrol lebih lanjut. So exciting! Tanpa banyak ba-bi-bu, aku langsung iyain ajakan mereka!

Ketika masuk ke kantor Cosmo, aku jadi makin semangat! Kantornya yang dominan dengan warna ungu bikin mood aku langsung ke-boost! Apalagi kantornya juga keliatan banget fun, fearless, sama kayak slogan mereka. Di situ aku disambut sama Kissy Aprilia, digital editor Cosmopolitan Indonesia, dan dia lah yang nemenin aku untuk pemotretan cover majalah Cosmopolitan edisi Sept-Okt 2021! Woah, sulit banget mendeskripsikan perasaan aku dengan kata-kata. Soalnya emang nggak nyangka banget bisa di-feature di majalah favorit akuuuu…!

Sempet bingung juga sih, nentuin kira-kira mau pake baju apa ya.. Secara aku tuh nggak pernah fotosyut sama media sebelumnya, jadi agak grogi. Tapi terus aku memutuskan buat pake outfit cantik dari Purana Indonesia, my favorite sustainable fashion brand! Aku sengaja pilih atasan dan celana panjang dengan motif dominan biru, putih, abu-abu, karena warna-warna ini bikin aku super confident!

Bagian terbaiknya adalah, aku bisa ngobrol panjang-lebar tentang isu-isu sosial yang memang menjadi keprihatinan aku. Sebagai influencer blu by BCA Digital, aku pengen jelasin ke Cosmo seberapa pentingnya generasi muda untuk tahu cara mengatur keuangan sedini mungkin. Kita kan udah denger banyak banget contoh-contoh penanganan keuangan yang nggak bener di generasi sebelumnya. Jadi tentunya, kita harus bisa belajar dari kesalahan dan membekali diri dengan literasi finansial yang lebih baik.

Aku berharap bisa jadi salah satu content creator yang berperan dalam upaya edukasi itu, tentunya bareng sama teman-teman aku, Benni dan Utta. Aku ngerasa, sebagai millenial juga aku tuh ngalamin banget ‘godaan’ besar di zaman sekarang, mulai dari godaan FOMO, atau godaan diskon belanja dan retail therapy yang sering bikin dompet ‘nangis’. Makanya, aku pengen banget bisa saling berbagi semangat sama temen-temen segenerasi, biar kita bisa sama-sama punya pondasi pengetahuan keuangan yang kuat dan gimana sih cara ngatur skala prioritas sehari-hari.

Bareng sama redaksi Cosmo, aku juga cerita soal campaign blu terbaru #MulaiLangkahmu, di mana campaign ini mau nyemangatin anak-anak muda biar berani mengambil langkah-langkah kecil untuk mencapai cita-cita mereka. Nggak perlu berjuang sendirian, sekarang kita udah bisa pake berbagai fitur canggih yang disediakan sama aplikasi blu. Misalnya aja, ada fitur bluSaving supaya kita bisa lebih terampil ngatur arus uang keluar-masuk. Di bluSaving, kita bisa punya 10 tabungan dalam 1 rekening. Jadi simpel banget bisa ngatur pos pengeluaran dengan rapi!

Satu fitur lagi yang aku personally suka banget adalah bluDeposit. Fitur investasi yang ini kayaknya oke banget buat aku yang toleransi risikonya rendah, pengen yang pasti untung aja. Kalau pake bluDeposit, aku bisa nabung kapan aja dan di mana aja, jadi nggak bakal ngikutin godaan duniawi, dong!

Setelah ngobrol seru selama kurang lebih satu jam, kak Kissy juga nanya tentang inisiatif #blubuatbaik yang aku gagas bareng Benni dan Utta. Mungkin banyak yang belum tahu, tapi di program ini, blu kolaborasi sama Greeneration Foundation dan Kitabisa.com untuk mendonasikan Rp1.000 dari setiap pembukaan rekening baru untuk mengerjakan pengelolaan limbah di Banyuwangi. Seru banget! Aku nggak sabar ngeliat hasilnya!

Well, walaupun ngobrolnya udah seru dan nyambung banget, tapi sayangnya aku nggak bisa stay lama-lama karena udah ada janji yang lain. Nggak sabar nih nunggu buat ngeliat hasil pemotretan dan wawancara yang seru banget! Terakhir, aku ngasih pesan-pesan buat Cosmo, terutama karena majalah kesayangan aku ini mau berulang tahun ke-24. Happy anniversary, Cosmo! Fun fearless female rules!

Menurut aku, ‘fun, fearless females’ adalah mereka yang selalu punya cara buat nikmatin hidup, sekaligus pinter ngatur prioritas supaya keuangan kita tetap terjaga - jadi bisa percaya diri terus. Cheers to all Cosmo babes out there!

Jangan lupa ya, pantengin terus majalah Cosmopolitan Indonesia edisi Sept-Okt 2021. Aku bakal seneng banget kalau kalian bisa share pendapat atau membaca tentang pendapat aku di isu-isu sustainability. Makasih banyak buat tim Cosmopolitan udah ngundang aku ke sesi yang sangat seru dan insightful. Happy anniversary, once again!

Download Sekarang!

Terima kasih sudah mampir! Laman ini lebih nyaman dinikmati di ponsel pintar. Coba sekarang untuk pengalaman yang lebih maksimal.