Kenalan Yuk, Apa itu QRIS?

Ketika kita melakukan pembayaran, pada umumnya kita menggunakan uang tunai atau menggesek kartu di mesin EDC. Namun penggunaan uang tunai saat ini mulai dikurangi seiring waktu dan perkembangan teknologi dan kebiasaan, khususnya ketika sudah ada pilihan pembayaran cashless seperti QRIS. Ada beberapa faktor yang membuat QRIS berkembang menjadi metode pembayaran seperti kemudahan, kecepatan, dan alhasil, kenyamanan. Metode cashless seperti ini juga dapat mempermudah tugas pemerintah mengawasi dan mengurangi potensi kecurangan atau kejahatan seperti uang palsu.

Nah sobatblu, berikut hal-hal lainnya yang perlu kamu tahu soal QRIS!

Apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Banyak orang yang bingung mengenai cara baca QRIS, biasanya mereka menyebut seperti ‘Qiuris’ atau yang lebih sederhana ‘QR Code’. Cara baca QRIS yang benar adalah ‘kris’.

Sementara jika kamu sebut ‘QR Code’, sebetulnya QR Code hanyalah penamaan untuk media yang dipakai untuk metore QRIS. Sistem QRIS ini sendiri merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyedia jasa system pembayaran (PJSP). Jadi kamu tidak perlu repot gonta ganti aplikasi untuk menyesuaikan dengan kode QR yang ada.

Cara Bayar Pakai QRIS

Untuk membayar pakai QRIS, kamu cuma perlu buka aplikasi pembayaran digital di gadget kamu, lalu scan code yang ditampilkan dan masukkan PIN. Cepat banget, kan? Cara pembayaran ini dinilai lebih mudah, cepat dan tidak perlu cash/card. Khususnya di masa pandemi, kamu tidak pelru melakukan kontak fisik barang dengan siapapun karena semua dari HP kamu. Belajar dari masa pandemi, metode seperti ini juga lebih aman untuk sobatblu.

Manfaat Pakai QRIS

Selain mudah, cepat, praktis dan anti ribet, kamu nggak perlu repot lagi deh antri ATM buat tarik tunai atau pakai kartu ATM. Coba bayangin kamu lagi ngedate sama pacar tapi lupa bawa dompet, wah mimpi buruk banget! Tenang aja karena bayar pakai QRIS cuma perlu pakai HP, tinggal scan lalu beres.

Sobatblu juga bisa bayar pakai QRIS menggunakan aplikasi blu loh! Tinggal buka menu transaksi, lalu pilih ‘Bayar Pakai QR’ dan scan aja. QRIS juga dapat diakses di menu prelogin aplikasi blu!

Caranya juga simple, cukup:

  1. Buka aplikasi blu kamu
  2. Langsung klik logo QRIS di pojok kanan bawah
  3. Scan kode yang ditampilkan
  4. Masukkan Password atau biometric
  5. Masukkan PIN lalu selesai deh

Karena kamu sekarang udah kenal nih sama QRIS, yuk gunakan QRIS untuk bertransaksi! blu juga menawarkan banyak promo jika menggunakan QRIS, lho! Cek di sini.

Download Sekarang!

Terima kasih sudah mampir! Laman ini lebih nyaman dinikmati di ponsel pintar. Coba sekarang untuk pengalaman yang lebih maksimal.